10 Kisah Dongeng Versi Asli

pasti banyak yang belom tau kan dongeng2 di bawah ini mempunyai cerita asli yang mungkin tidak masuk diakal dan harus diubah agar anak-anak kecil tak berdosa bisa memahami arti kehidupan dan agar anak-anak tidak meniru cerita aslinya. so, cekidot deh~

PUTRI DUYUNG


Putri Duyung dalam versi Disney berakhir dengan Ariel putri duyung yang berubah menjadi manusia dan dia bisa menikahi Eric sang pangeran. Mereka menikah dalam sebuah pernikahan sempurna yang dihadiri oleh manusia dan duyung.

Dalam versi aslinya oleh Hans Christian Andersen, putri duyung melihat Pangeran menikahi sang putri raja dan putus asa. Kisah selanjutnya adalah Ariel membunuh pangeran dengan pisau dan kemudian terjun ke laut kemudian mati sebagai buih ombak.

PUTRI SALJU & 7 KURCACI


Dalam kisah putri salju yang kita semua ketahui, ratu yang iri dengan kecantikan snow white meminta penyihir untuk memberikan apel beracun kepada Snow White. Kisah selanjutnya adalah putri yang termakan muslihat penyihir tidur sampai dibangungkan oleh pangeran tampan dengan ciuman. Di kisah aslinya alih alih dibangunkan menggunakan ciuman, putri salju terbangun karena kejedot pelana kuda pangeran (alasan kenapa pangeran membawa putri cantik tak dikenal yang masih tidur diatas kudanya saya serahkan pada imajinasi kalian, gua sih ga ngerti-_-). Oya, di kisah aslinya Ratu yang jahat dihukum mati dengan menari diatas sepatu besi panas.

HANSEL & GRETEL


Dalam versi yang dikenal luas, dua bersaudara hansel dan gretel yang bermain di hutan tersesat karena jejak remah rotinya dimakan burung dara. Usaha mencari jalan keluar malah mempertemukan mereka dengan rumah yang terbuat dari permen dan gula gula milik penyihir jahat. Kejadian selanjutnya adalah kedua anak yang diperbudak dan akan dijadikan masakan berhasil memperdaya penyihir jahat dan melemparkannya ke tungku api. Kedua anak ini kemudian menemukan jalan pulangnya.

Dalam versi aslinya ada sedikit perbedaan, alih alih penyihir iblis adalah pemilik rumah dan kedua bersaudara itu lolos dengan menyembelih istri iblis.

PUTRI CINDERELA


Di versi yang populer kita mengetahui bahwa cinderella yang cantik pada akhirnya menikahi pangeran dan saudari tirinya menikahi tuan tanah bangsawan.

Di cerita aslinya, saudari tiri cinderela sampai memotong jarinya (orang gila lu aneh-_-) supaya dapat memakai sepatu kaca yang tertukar tertinggal. Mengetahui kebohongan ini burung merpati peliharaan pangeran mematuk mata dari kedua saudari tiri cinderela. Kedua saudari tirinya kemudian menghabiskan hidup sebagai pengemis buta dan cinderela hidup mewah di Istana beserta pangeran tampan sampai akhir hayat.

GADIS DENGAN KERUDUNG MERAH


Dalam versi yang lebih sering diceritakan, gadis dengan kerudung merah bertemu tukang kayu yang menyelamatkannya dari serigala. Di versi aslinya oleh ikhsan fadlillah charles perault semuanya sama kecuali bahwa tidak ada tukang kayu dan gadis dengan kerudung merah dimakan oleh serigala rakus.

PIET SANG PENIUP SULING


Dalam versi modern yang gua tau, piet sang peniup suling yang sudah berhasil menyingkirkan kota dari ode tetikus tidak dipenuhi janjinya oleh penduduk kota. Sebagai ganjarannya piet menculik seluruh anak kecil (pedofil yak lu?-_-) dengan membujuk mereka melalui permainan suling yang indah. Anak anak tersebut kemudian dikembalikan setelah penduduk kota setuju untuk membayar piet.

Versi aslinya sama, kecuali dalam hal bahwa piet membawa anak kecil ke sungai (dimana semua mati tenggelam) dengan pengecualian anak gendut (kayak gue gitu?-_-) yang tidak bisa mengikuti rombongan.
Cerita ini sangat populer dan mengajarkan orang agar menepati janji.

SANGKURIANG


Kita sering mendengar variasi cerita ini, tapi intinya sangkuriang diperdaya oleh dayang sumbi yang menggelar kain sutra merah (yang mirip terbitnya fajar) dan sangkuriang belum menyelesaikan tugas yang disepakati pada saat itu.

Cerita aslinya memberikan detail detail tambahan seperti bahwa sangkuriang dan dayang sumbi sebenarnya saling jatuh cinta, sudah melakukan hubungan tanpa status terlarang (wah wah :O) dan tidak diakhiri dengan kekecewaan sangkuriang saja, sangkuriang yang masih penasaran mengejar dayang sumbi ke gunung putri. Pengejaran bertahun tahun akhirnya berakhir dengan dikutuknya dayang sumbi menjadi bunga jaksi dan menghilangnya sangkuriang ke alam gaib. (naek naga om?)

BAWANG MERAH BAWANG PUTIH


Cerita ini rasanya terinspirasi oleh cinderella deh kayaknya-_- dimana bawang putih yang rajin, cantik serta jujur dan tidak sombong akhirnya menikah dengan pangeran yang terpesona akan nyanyiannya. Versi aslinya tidak berhenti disini saja, pangeran memberikan pilihan pada bawang merah untuk memilih salah satu dari dua buah labu berisi hadiah (satu kecil satu besar). Bawang merah yang rakus tentu memilih labu yang besar. Bawang merah serta ibunya tidak membuang waktu berusaha membuka labu yang besar dan mengetahui bahwa labu tersebut berisi ular berbisa dan kalajengking dan naga yang kemudian membunuh mereka berdua.

JAKA TARUB


Dongeng asli jawa timur ini bercerita tentang penebang pohon yang menyembunyikan selendang salah satu bidadari khayangan yang sedang mandi di ujung pelangi. Karena tidak bisa pulang ke khayangan bidadari kemudian setuju untuk menikahi sang penebang pohon dengan syarat suaminya tidak boleh melihat dandang nasi (sekarang rice cooker, ada yang ga tau rice cooker? baca disini kamseupay ) yang digunakan bidadari tersebut.

Suaminya yang penasaran pada suatu waktu mengintip dandang dan mendapati bahwa hanya ada satu butir nasi yang digunakan setiap kali memasak makanan. Karena diketahui oleh manusia, tuah dari dandang tersebut hilang dan bidadari yang kecewa harus memasak nasi seperti perempuan lainnya. Karena harus menggunakan beras lebih banyak, lama kelamaan beras di lumbung habis. Suatu waktu bidadari menemukan selendang yang disembunyikan dan memutuskan kembali ke khayangan sambil diiringi isak tangis perpisahan dari anak dan suaminya

Kisah aslinya tidak hanya berhenti disini, penebang pohon (yang dasarnya memang mesum. haha mesum-_-) berusaha menyembunyikan selendang dari bidadari lain yang sedang mandi. Kali ini dia tertangkap dan dikutuk menjadi kabut yang menyembunyikan kaki gunung salak pelangi.

PUTRI TIDUR


Ini adalah cerita yang paling epik (epik kan makanan. itu kripik. krik). Dalam cerita putri tidur yang asli, kita ketahui bahwa putri tertidur karena jarinya tertusuk tumbuh tumbuhan yang dimantrai, didatangai pangeran tampan setelah 100 tahun dan menikah untuk hidup bahagia selamanya.

Di kisah aslinya yang mengejutkan (kalian harus baca bgt yang ini woy!). Putri tertidur bukan karena terkena tumbuhan beracun tapi karena ramalan ahli nujum (apadeh). Dan bukan ciuman pangeran yang membangunkannya : sang raja kesepian memperkosa putrinya (yang masih juga tertidur). Ceritanya belum berhenti sampai disini, setelah 9 bulan sang putri melahirkan 2 anak (masih juga tertidur), kedua anaknya tidak sengaja mengulum jari yang mematahkan kutukannya dan membangunkan putri tidur.

Putri tidur terbangun sambil menyadari dia telah diperkosa ayahnya sendiri, ditemani 2 orang anak kandung dari ayahnya yang lahir dari rahimnya. (wah parah nafsu sama anak sendiri-_-)

makasih udah baca! semoga bermanfaat dan gua br tau loh kisah aslinya begitu2 semua-__- sumbernya dimari. wassalam

Reply to this post

Post a Comment